Search
Close this search box.

Asal Usul Terciptanya Mendoan Purwokerto

Share This Post

SL Corp – Mendoan adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih. Tidak hanya di Purwokerto, mendoan juga populer di daerah-daerah lain di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Namun, bagaimana sebenarnya asal usul terciptanya mendoan Purwokerto?

Menurut sejarah, mendoan pertama kali dibuat oleh seorang ibu rumah tangga di Purwokerto pada masa penjajahan Belanda. Saat itu, bahan makanan yang mudah didapat adalah tempe, tapi tidak semua orang menyukai rasa tempe yang asam dan pahit. Oleh karena itu, sang ibu rumah tangga mencoba membuat tempe yang lebih enak dan lezat.

Baca juga:  Cara Membuat Mendoan Khas Dari Purwokerto

Ibu rumah tangga tersebut kemudian mengolah tempe dengan cara dipotong tipis-tipis dan digoreng dengan minyak panas. Hasilnya adalah makanan yang renyah dan gurih yang kemudian dinamakan mendoan. Mendoan pertama kali dijual di pasar tradisional Purwokerto dan langsung menjadi makanan favorit masyarakat setempat.

Baca juga:

Cara Membuat Mendoan Khas Dari Purwokerto

Seiring dengan berjalannya waktu, mendoan semakin dikenal dan populer di Purwokerto dan daerah sekitarnya. Namun, proses pembuatannya masih sangat sederhana dan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar tempat tinggal. Mendoan hanya terdiri dari potongan tempe yang digoreng dengan minyak panas dan dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, dan garam.

Baca juga:  Cara Membuat Mendoan Khas Dari Purwokerto

Pada tahun 1970-an, mendoan mulai diproduksi secara massal dan dijual di pasar-pasar modern di Purwokerto. Saat itu, proses pembuatannya sudah sedikit berbeda dari versi aslinya. Mendoan kini dibuat dengan bahan-bahan yang lebih lengkap seperti tepung terigu, telur, dan bahan pengembang. Namun, rasa dan tekstur mendoan yang asli tetap dijaga.

Selain itu, mendoan juga telah menjadi salah satu komoditas utama di Purwokerto dan sekitarnya. Para pedagang dan pengusaha makanan berlomba-lomba untuk menghasilkan mendoan yang berkualitas tinggi dan mempertahankan rasa asli mendoan.

Meskipun sudah menjadi makanan yang populer dan dikenal di berbagai daerah di Indonesia, mendoan Purwokerto masih menjadi makanan khas yang diidentifikasi dengan Purwokerto dan masyarakatnya. Setiap tahun, pada saat perayaan hari jadi Kota Purwokerto, mendoan menjadi salah satu makanan yang wajib hadir di meja makan masyarakat.

Baca juga:  Cara Membuat Mendoan Khas Dari Purwokerto

Mendoan tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat lokal, tetapi juga menjadi ikon kuliner Purwokerto. Mendoan yang terkenal dengan cita rasa yang gurih dan renyah ini terus berkembang dan semakin dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Kesimpulannya, mendoan Purwokerto memiliki sejarah dan cerita yang menarik dan panjang. Semua ada filosofi dan cerita yang unik dari terciptanya suatu kuliner khas.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Asal Usul Terciptanya Mendoan Purwokerto

SL Corp – Mendoan adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Makanan ini terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih. Tidak hanya di Purwokerto,

Cara Membuat Mendoan Khas Dari Purwokerto

SL Corp – Mendoan adalah makanan khas dari Purwokerto, Jawa Tengah yang terbuat dari potongan tempe tipis yang digoreng hingga renyah. Biasanya dihidangkan sebagai lauk atau camilan yang nikmat disantap

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch